1. Tempat pertemuan antara penjual dan pembeli atau saling bertemunya kekuatan permintaan danpenawaran.
2. Suatu kelompok orang yang di organisasikan untuk melakukan tawar menawar sehingga membentuk harga.
3. Kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, ada uang untuk belanja, dan ada kemauan untuk membelanjakannya.
Bentuk-bentuk pasar terdiri dari tiga jenis, antara lain:
1. Pasar monopoli
Yaitu pasar yang mempunyai jumlah produsen atau penjual tunggal, dan tidak ada barang substitusi.
2. Pasar oligopoli
Merupakan jumlah barang yang di jual atau di produksi di tentukan oleh oleh penjual yang sedikit.
3. Pasar monopolistik
Yaitu bentuk campuran antara pasar monopoli dengan pasar oligopoli, barang yang di jual tidak homogen atau tidak sama, tetapi hanya dimiliki oleh beberapa penjual saja.
Macam-macam pasar
a. Pasar konsumen
Merupakan pasar barang dan jasa yang di beli atau di sewa oleh perorangan untuk keperluan pribadi.
b. Pasar industri
Pasar barang dan jasa yang di beli atau di sewa oleh perorangan atau organisasi untuk di gunakan pada produksi barang dan jasa lain, baik untuk di jual msupun di sewakan.
c. Pasar penjual kembali
Pasar terdiri dari perorangan dan atau organisasi:
• Distributor
• Grosir
• Reseller
d. Pasar pemerintah
Psaar yamg terdiri dari unit-unit pemerintah yang membeli dan menyewa barang dan jasa untuk keperluan pemerintah.
Segmentasi pasar
Merupakan pembagian pasar ke dalam beberapa kelompok pembeli yang berbeda.
Ada empat variabel segmentasi pasar menurut Philip Kotler
1. Segmentasi berdasarkan Geografi atau luas wilayah.
2. Segmentasi berdasarkan demografi atau penduduk.
3. Segmentasi bedasarkan Psikografis.
4. Segmentasi berdasarkan prilaku atau kebiasaan.
Pengertian pemasaran
Menurut Philip Kotler
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menetapkan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
Jadi, pemasaran merupakan usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana strategis yang di arahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran dan transaksi.
No comments:
Post a Comment